Kemenag Langsa Persiapkan Jemaah Haji Dengan Manasik

Blog43 Dilihat

 

Jelang keberangkatan menuju Tanah Suci, Kemenag Kota Langsa menggelar manasik haji gabungan ke-1 untuk tiga kecamatan di Kota Langsa mulai 24 April- 1 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung di aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Kota Langsa.

Adapun para jemaah haji yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Kecamatan Langsa Kota, Langsa Lama dan Langsa Timur. Para peserta yang mengikuti manasik haji ini berjumlah 76 orang.

Kakankemenag Langsa Fadhli mengatakan, manasik haji ini sebagai bekal pengetahuan bagi jemaah haji. Selanjutnya Kemenag Kota Langsa juga akan menggelar manasik tingkat kota selama dua hari pada 15-16 Mei 2024.

“Melalui manasik yang diikuti oleh jamaah haji, Diharapkan akan mempermudah jamaah dalam beribadah nantinya di tanah suci. Jamaah akan dibimbing dan menerima materi baik pada manasik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kota Langsa,” katanya.

Ia berharap para jemaah untuk mengikuti manasik haji ini hingga tuntas.

“Semoga dengan pengetahuan yang diperoleh dari para pemateri dapat menjadikan kita sebagai jamaah haji yang mabrur dan mabrurah,” katanya.

Setelah manasik haji gabungan tahap ke-1 ini, Fadhli mengatakan, pihaknya juga akan menggelar manasik gabung untuk dua kecamatan lainnya, yakni Langsa Baro dan Langsa Barat.

Pada tahun ini, jemaah haji asal Langsa berjumlah 162 orang yang tergabung dalam Kloter 9 bersama jemaah dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, Bireuen dan Aceh Utara. Mereka akan menuju Tanah Suci pada 7 Juni mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ierham Zakaria mengatakan, manasik haji ini digelar dalam 8 kali pertemuan dan 32 jam pelajaran. Pihaknya menghadirkan 6 pemateri dari tim kesehatan dan tim yang telah mengikuti diklat Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji (SPMH).

“Manasik Haji ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 113 Tahun 2024, Tentang Pedoman Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji Bagi Jemaah Haji Reguler Pada Kabupaten/Kota dan Kecamatan Tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi,” katanya.

Adapun peserta manasik haji tertua bernama, Khadijah Binti Tgk. Sabi , berasal dari Gampong Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur yang telah berusia 88 tahun, sedangkan peserta manasik haji termuda bernama Siti Shaura Al Amna Binti Amir Busra berusia 19 tahun, berasal dari Gampong Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *