Pimpinan Dayah IQ Bina Guru SMA 20 Mind dan Sekolah Rimba Bandung

Berita94 Dilihat

 

Bandung – Pimpinan Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar, Ustaz Muzakkir membina guru SMA 20 Mind dan Sekolah Rimba Bandung, Kamis, 14 Maret 2o24. Kedua  lembaga pendidikan tersebut digagas  oleh Ustad Hanan Attaki.

Muzakkir menyampaikan, seorang guru harus mampu menampilkan  authentic happiness (kebahagiaan autentik) dan syntetic happiness kepada para muridnya.

“Guru harapan adalah the excellent teacher yang mampu menikmati karakter anak. Tidak gampang menyalahkan anak dan tidak memilah milih dalam kelompok nakal dan baik, semua dianggap sama dan menobatkan diri sebagai pelayan sejati yang melayani dengan hati,” katanya.

Ia menjelaskan, 20Mind Sociopreneur Highschool hadir untuk mencetak change maker muda yang dapat mengangkat beban umat dengan karya-karya mereka, berdasarkan kepada keimanan pada Al-Qur’an dan menjalankan konsep living with nature ala Rasululllah.

“20Mind Sociopreneur sebagai perwujudan dari konsep Raheela,” katanya.

Ia menjelaskan, kurikulum yang digunakan adalah perpaduan dari kurikulum Merdeka, Alam (Permakultur, Konservasi), Pesantrend (Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tasawuf), Raheela (Kerelawanan, Kepedulian terhadap lingkungan, kepekaan terhadap lingkungan sosial.

20Mind Sociopreneur Highschool memiliki sejumlah kelas. Pertama kelas akar yaitu membangun pondasi berpikir, membangun concious emphaty. Kedua, kelas batang yaitu memiliki pondasi berpikir yang baik, berprinsip, mengenal potensi diri. Ketiga, kelas daun yakni memiliki arah & tujuan, mimpi yang ingin dicapai, projek yang akan dikerjakan. Kemudian, kelas buah yakni bertujuan mematangkan dan meningkatkan seluruh potensi diri sampai titik maksimal.

20Mind Sociopreneur Highschool dengan angkatan pertamanya berjumlah sebanyak 9 orang siswa yang dibayai dengan beasiswa maupun parsial.

Sekolah Rimba Indonesia adalah sekolah anak yang terfokus bukan hanya kepada sisi nilai akademik, tetapi juga kepada pengembangan minat & bakat (fitrah anak) untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki hati qur’ani, pikiran yang visioner, dan life skill yang aplikatif.

Kurikulum yang digunakan Sekolah Rimba Indonesia adalah perpaduan dari kurikulum Merdeka dan kurikulum khas Sekolah Rimba Indonesia yaitu Leadership, Entrepreneurship, Nature, Ilmu Al-Qur’an,Art and Creativity, Fatherhood, dan Sosial Emosional.

Sekolah Rimba Indonesia sudah berada di tahun ke-3 dengan jumlah siswa yang diberikan beasiswa sebanyak 48 anak, dan tahun ajaran baru ini angkatan ke-4  akan berjalan hingga seterusnya dengan setiap angkatan 16 orang anak. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar