Masjid Quba; Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

Khazanah95 Dilihat

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad Saw pada tahun pertama hijrah. Saat hijrah ke Madinah Nabi mendirikan masjid ini bersama para sahabatnya.

Menurut seorang petugas haji asal Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2022 silam yakni Muhammad Nasril, saat menuju Madinah, jamaah akan dibawa menuju Masjid Quba,Masjid Qiblatain, Khandak dan Jabal Uhud. Setiap harinya Masjid Quba dipenuhi oleh jamaah yang ingin beribadah di sana.

Masjid Quba berada di pinggir kota Madinah Al Munawwarah di kawasan perkampungan yang bernama Quba. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Masjid Nabawi yakni sekitar 5 kilometer saja,

Masjid Quba memiliki arsitektur yang sangat mempesona. Dan tentunya nilai histori yang dikandung masjid ini juga sangat penting dalam sejarah Islam.

Dalam sejarah disebutkan, saat Nabi Saw menuju Madinah, beliau disambut gegap gempita oleh penduduk Madinah. Dan di Desa Quba inilah Nabi disambut dengan lantunan thala’al badru’alaina. Nabi singgah di Quba selama empat hari dan mendirikan masjid di sana.

Saat Nabi Muhammad telah berada di Madinah, beliau juga menyempatkan diri untuk datang ke Masjid Quba untuk melaksanakan shalat dua rakaat.

 Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, dia berkata;“Dahulu Nabi Muhammad Saw mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian melaksanakan salat dua rakaat.”

Di area masjid juga terdapat perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk memperdalam literatur Islam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *