Dayah Insan Qurani Buka Penerimaan Santri Baru

Pendaftaran Dilakukan Secara Mandiri Melalu Website Resmi IQ

Berita96 Dilihat

KUPASAN.ID-Dayah Insan Qurani, Aceh Besar membuka penerimaan santi baru untuk tingkat tsanawiyah dan aliyah. Pendaftaran dimulai sejak 15-22 Desember 2023.

Pendaftaran dilakukan secara mandiri oleh calon santri atau wali santri melalui website resmi IQ melalui laman https://psb.insanqurani.id.

Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru Dayah IQ, Ust. Murizal mengatakan, setiap
calon santri yang mendaftar akan mengikuti tahapan pendaftaran hingga pencetakan kartu ujian secara online, uji baca al-Quran, pemeriksaan kesehatan, ujian tulis dan wawancara santri beserta wali santri.

“Keseluruhan proses ujian berlangsung secara tatap muka di komplek Dayah Insan Qurani di jalan Banda Aceh-Medan Km 12,5 Gampong Aneuk Batee Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Murizal mengatakan, setiap calon santri akan mendapatkan jadwal ujian sesuai dengan informasi yang ditampilkan pada kartu ujian masing-masing santri.

“Ujian dilakukan dalam rentang tanggal 25 sampai 27 Desember. Setiap calon santri hanya mengikuti ujian 1 hari dalam rentang tanggal tersebut sesuai dengan info pada kartu ujiannya. Namun khusus untuk pendaftar dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, ujian baca al-Quran dapat dilakukan dalam masa pendaftaran 15-22 Desember 2023,” kata Murizal.

Para pendaftar diminta untuk mempersiapkan file pas foto dan beberapa nomor penting untuk keperluan identifikasi calon santri. Mulai dari Nomor Induk Kependudukan, Nomor Kartu Keluarga, dan juga Kode Pos alamat asal calon santri. Ketiga hal tersebut dapat diperoleh pada lembar Kartu Keluarga.

Selain ketiga nomor tersebut, calon santri juga diminta untuk mempersiapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Untuk nomor tersebut dapat ditanyakan pada Tata Usaha sekolah asal calon santri bila belum mengetahuinya.

Sama seperti pada penyelenggaraan penerimaan santri baru pada tahun sebelumnya, calon santri tingkat Madrasah Aliyah akan mengikuti ujian tulis berbasis komputer, sedangkan untuk calon santri tingkat Madrasah Tsanawiyah akan mengikuti ujian tulis dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Calon santri MTs diminta untuk membawa pensil 2B pada hari ujian.

Pengumuman kelulusan diumumkan melalui web https://psb.insanqurani.id pada 30 Desember 2023.

Bagi pendaftar tingkat Madrasah Aliyah, MAS Insan Qurani membuka dua jurusan yang dapat dipilih, yaitu jurusan Keagamaan dan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun untuk pendaftar putri Aliyah, pada tahun ini hanya tersedia jurusan Keagamaan saja.

Baca juga: HOBI NULIS, 6 WEBSITE INI MEMBAYAR SETIAP ARTIKEL YANG TAYANG

Jurusan IPA merupakan jalur pendidikan yang berlandaskan saintek (sains dan teknologi) dan menjadi dasar pendidikan bagi para santri yang memiliki minat dan tujuan untuk menguasai berbagai cabang disiplin ilmu sains dan teknologi, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dll.

Sedangkan Jurusan Keagamaan merupakan jalur pendidikan yang berlandaskan pendalaman ilmu keagamaan dan menjadi dasar pendidikan bagi santri yang memiliki minat dan tujuan untuk menguasai berbagai cabang disiplin ilmu Agama dan Bahasa Arab, seperti Tauhid, Tafsir, Hadits, Bahasa Arab, Balaghah, Nahwu, Sharaf, dan Insya’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *