Hari Ini Ada Kenduri Kuah Beulangong di PKA-8

Berita, Headline70 Dilihat

KUPASAN.ID-Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Kenduri Kuah Beulangong dan Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8.

Kenduri Kuah Beulangong itu dipusatkan di Blang Padang, Banda Aceh, Minggu 5 November 2023. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, mengatakan panitia menyiapkan 41 beulangong.

“Totalnya 41 beulangong. Kalau dibilang porsi bisa sekitar 5000an,” katanya.

Almuniza menyebut ada tiga menu kuah beulangong yang disiapkan panitia dalam kenduri tersebut, seperti nangka muda hingga batang pisang.

“Jadi ada tiga menu disiapkan, seperti bak (batang) pisang, pisang muda sama nangka muda,” jelasnya.

Almuniza menyampaikan Kenduri Kuah Beulangong ini terbuka untuk umum. Dia berharap, masyarakat dapat hadir untuk memeriahkan kenduri.

“Lokasinya di Blang Padang dan terbuka untuk umum. Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB,” sebutnya.

Almuniza menambahkan, selain Kenduri Kuah Beulangong, rangkaian PKA ke-8 juga ada Pawai Budaya dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang terpusat di Museum Tsunami Aceh.

“Selain Kenduri Kuah Beulangong, juga ada acara Pawai Budaya dari 23 kabupaten/kota,” katanya.

Selain dua kegiatan tersebut, juga ada Pawai Kapal Hias di Krueng Aceh. Opening Ceremony akan berlangsung di depan warkop Solong Tepi Kali.

Kegiatan Pawai Kapal Hias ini akan dilepas secara simbolis oleh Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, yang dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Para peserta Pawai Kapal Hias bakal melewati rute di depan Makodam Iskandar Muda (IM). Di sana, peserta pawai bakal disambut oleh Pj Gubernur Aceh, Pangdam IM, Kapolda Aceh serta Forkopimda lainnya.

Sumber: pekankebudayaanaceh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *