Tingkatkan Kemampuan Baca Alquran di Sekolah, Kemenag Abes Evaluasi Program GETBA

Berita83 Dilihat

Kemenag Aceh Besar menggelar evaluasi program Gerakan Tuntas Baca Tulis Alquran (GETBA) untuk jenjang SMP di wilayah Aceh Besar, Sabtu, 16 Desember 2023. Program yang digagas oleh Bidang PAI Kanwil Kemenag Aceh ini telah berjalan sejak Januari 2023.

Evaluasi bertajuk Uji Petik Kemampuan Baca Alquran ini dilaksanakan di sejumlah sekolah di antaranya, SMP 1 Darul Imarah, SMP Negeri 1 Simpang Tiga dan juga beberapa SMPN lainnya di Aceh Besar.

Dari hasil uji petik tersebut diketahui ada 4 poin yang disimpulkan, di antaranya, siswa sudah lancar dan benar bacannya, lancar namun masih belum sesuai menurut ilmu tajwidnya, terbata bata / lambat dalam bacaanyaa, dan ada juga yang masih belum bisa merangkai huruf hurufnya (masih mengeja).

Kakankemenag Aceh Besar H. Saifuddin, SE menjelaskan, program Getba dapat memotivasi para guru yang mengampu pelajaran PAI pada jenjang SMP untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Alquran.

“Sehingga diharapkan dengan adanya program tersebut semua siswa-siswi pada jenjang SMP di Kabupaten Aceh Besar mampu membaca Alquran dengan baik dan benar,” ujarnya.

Saifuddin juga mengajak semua pihak untuk mendorong serta memberikan perhatian khusus terhadap dunia Pendidikan Agama Islam, khususnya mendukung program GETBA di tingkat SMP.

“Kepada semua guru PAI untuk terus membimbing serta mengarahkan siswa khususnya bagi yang belum tuntas untuk dapat bekerja sama dengan orang tua masing-masing agar ada percepatan dalam penuntasan program GETBA ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *