Sambut HAB ke-78, Kemenag Aceh Besar Saweu Sikula di Lereng Gunung Seulawah

Berita87 Dilihat

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menggelar program Saweu Sikula, Kamis, 14 Desember 2023. Kegiatan ini dipusatkan di daerah pedalaman Seulimuem yang terletak di lereng Gunung Seulawah.

Ada dua madrasah yang dikunjungi oleh keluarga besar Kemenag Aceh Besar di antaranya, MIN 12 Lamteuba dan MIN 38 Lampanah Leungah, Kecamatan Seulimuem.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Saifuddin menjelaskan, Saweu Sikula merupakan salah satu program yang digagas oleh Kemenag Aceh Besar dalam rangka menyambut HAB ke-78.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mempererat silaturrahmi dan memperkuat rasa kekeluargaan antar pegawai Kementerian Agama, para siswa madrasah dan juga masyarakat sekitar.

“Momentum HAB ke-78, Kemenag Aceh Besar memprioritaskan kunjungan ke kawasan pedalaman dan kepulauan, setelah Lamteuba dan Lampanah Leungah akan berlanjut dengan aksi bakti sosial di Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh,” kata Saifuddin.

Dalam kunjungan ke dua madrasah tersebut, keluarga besar Kankemenag Aceh Besar turut menyantuni sejumlah anak yatim dan fakir miskin yang belajar di dua madrasah tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan pembinaan ASN, penataan administrasi keuangan madrasah dan juga silaturrahmi dengan tokoh masyarakat sekitar.

Saifuddin berharap momentum HAB ini dapat menumbuh kembangkan jiwa kebersamaan antar sesama ASN dan juga terwujudnya pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

“Keberadaan Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah di berbagai wilayah Aceh Besar diharapkan membawa perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat baik dari aspek keagamaan maupun pendidikan. Untuk itu para ASN Kemenag diharapkan memberikan pelayanan dan kreatifitas terbaik untuk masyarakat,” ujar pria yang akrab disapa Yahwa tersebut.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana mengatakan, memperingati HAB ke-78 pihaknya menggelar serangkaian kegiatan yang terdiri dari Saweu Sikula, aksi bakti sosial, donor darah, safari khatib Jumat, pertandingan olahraga dan aneka lomba, dan penyerahan penghargaan untuk ASN dan siswa berprestasi.

Dalam program Saweu Sikula turut serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Aceh Besar Yasmaidar , Kasubbag Tata Usaha Khalid Wardana, Kasi PD Pontren Nazaruddin dan tim monev dari Seksi Pendidikan Madrasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *