Pengurus Masjid Babusalam Bener Meriah Bebaskan Lahan Seluas 1 Hektar

Berita, Headline68 Dilihat

Pengurus Masjid Agung Babussalam, Bener Meriah telah membebaskan lahan seluas satu hektar, Jumat malam, 5 Januari 2024. Dana pelunasan lahan sebesar Rp 1 miliar diserahkan oleh PJ Bupati Bener Meriah Haili Yoga kepada pemilik lahan Jawahir Putra.

Setelah pembebasan lahan, pengurus masjid akan menggunakan lahan yang terletak di sebelah utara masjid tersebut untuk kebutuhan masjid.

Haili Yoga mengatakan, kebersamaan masyarakat Gayo dan pemerintah menjadi sejarah penting bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, lahan dengan luas satu hektar untuk kebutuhan masjid telah berhasil dibebaskan.

“Hari ini menjadi sejarah dalam rangka perluasan areal tanah masjid di sebelah kiri dari pandangan kita dari depan (depan masjid, red) ini ada perluasan seluas lebih kurang satu hektar dengan angka dari umat sekitar Rp 1 miliar dan ini sudah lunas,” kata Haili Yoga di sela-sela pelunasan anggaran lahan masjid tersebut, Jumat, 5 Januari 2024 di Masjid Babussalam.

“Maka kami mewakili pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih. Ini adalah karya kita bersama untuk anak cucu kita kelak dan ini akan menjadi saksi bahwa kalau bersama-sama semua bisa. Kami juga sangat berterima kasih kepada pemilik tanah karena ini harganya sangat murah dan ini semoga mendapat berkah dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panita Pembebasan Lahan Masjid Agung Babussalam Teungku Ahmad Surya mengatakan, dalam waktu lebih kurang 6 bulan terhitung mulai 20 April 2023-6 November 2023 panitia masjid telah berhasil mengumpulkan bantuan dari masyarakat dan Pemkab Bener Meriah sebesar Rp 1 miliar untuk pembebasan lahan.

Ahmad Surya merincikan, dari total sumbangan yang terkumpul, Rp 750 juta berasal sumbangan masyarakat dan Rp 250 juta merupakan bantuan dari Pemkab Bener Meriah.

“Alhamdulillah berkat bantuan dari masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan amal ini termasuk insan pers kita berhasil membebaskan lahan seluas satu hektar dalam waktu kurang dari 7 bulan. Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang terlibat dalam pembebasan lahan ini. Semoga Allah membalas kebaikan bapak dan ibu semuanya,” kata Ahmad Surya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Usai pembebasan lahan, Ahmad Surya mengatakan, pihaknya kembali membuka donasi untuk penimbunan.

“Lahan tersebut letaknya sangat strategis di sebelah utara masjid, namun harus ditimbun lagi agar nantinya dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kebutuhan masjid. Jadi, kami kembali membuka peluang amal bagi siapa saja yang ingin menyumbang untuk tahap penimbunan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *